Categories
Uncategorized

Peningkatan Efisiensi Boiler Dan Pengurangan Penggunaan Industrial Diesel Pada Pabrik Gula

Pabrik gula menggunakan bahan bakar utama berbentuk ampas tebu untuk mencukupi kebutuhan energi, tetapi saat kekurangan steam akan ditambahan IDO.

Penggunaan ampas tebu kudu dioptimalkan untuk mengurangi mengkonsumsi IDO.

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penggunaan ampas, mengkalkulasi efisiensi boiler dan menganalisis alternatif peningkatan efisiensi boiler dan juga pengurangan IDO.

Tahapan penelitian ini adalah belajar pustaka, observasi lapang, wawancara, dan pengolahan data. Efisiensi boiler Flow Meter Tokico dihitung menggunakan metode tidak langsung bersama acuan British Standard BS845:1987 dan American Society of Mechanical Engineers:

PTC-4-1 Power Test Code forSteam Generating Units. Produksi ampas lebih kurang 107.581,03 ton/musim-giling, penggunaan IDO 315,18 kiloliter/musim-giling, dan memproduksi uap 188.919,78 ton/musim-giling. Hasil perhitungan efisiensi boiler sebesar 71,12%, di mana kehilangan panas terlebih akibat gas membuang kering dan H2 terhadap bahan bakar.

Peningkatan efisiensi boiler dan pengurangan penggunaan industrial diesel oil (IDO) mampu dikerjakan bersama penerapan opsi penanganan ampas dan perawatan boiler, perawatan mesin gilingan, dan isolasi pipa uap.

Hasil analisa ekonomi menggunakan B/C rasio miliki nilai lebih berasal dari 1 supaya opsi selanjutnya layak dilaksanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *