Categories
Bisnis Fashion Printing

Ketahui Motif Kain Printing Sesuai Bahannya

Jasa print kain sudah banyak menyebar di berbagai tempat. Setiap kain memiliki pola-pola yang unik sekaligus beragam membuat siapa pun terpukau karena corak yang dimilikinya, terkadang juga memiliki makna dari setiap garis polanya. Bahan-bahan yang diberikan oleh produsen juga memiliki keunggulannya, juga tidak semua bahan kain bisa diprinting asal-asalan.

Motif Kain Printing Sesuai Bahannya

Print kain menjadi hal yang digemari beberapa saat ini, karena beberapa orang memilih untuk mempunyai motif yang berbeda dari yang lain. Hal ini membuat meningkatnya permintaan pasar, ingin tampi beda adalah keinginan konsumen. Berikut contoh kain-kainnya.

1.    Kain Bi Shrinkage Yarn Jepang

Kain tersebut adalah 100% polyster fabric dengan menggunakan dua jenis polyester yang berbeda, hal tersebut membuat bahan menjadi halus, lembut, tidak panas, dan juga mudah di jahit. Saat melakukan proses printing, kain akan menjadi warna yang cerah.

Biasanya kain Bi Shrinkage Yarn Jepang ini digunakan untuk seragam, seprei, sarung bantal, tirai, taplak meja, dan lain-lain.

2.    Kain Kanvas

Kain kanvas adalah kain yang mempunyai serat tebal dan sangat kuat. Selain tebal, kain kanvas tidak transparan, kaku, tekstur kasar, juga tidak mengikuti badan. Karena itu, kain kanvas digunakan untuk karpet, tirai, sofa, tenda, dompet, tas, topi, dan lain-lain.

3.    Satin Chiffon

Kain satin chiffon memiliki bahan yang lemas mengikuti lekungan badan, memiliki tekstur yang lembut, namun tipis juga transparan. Kain ini biasanya digunakan untuk kerudung, blouse, syal, rok, lingerie juga piyama.

4.    Kain Drill

Kain drill memiliki tekstur yang pintalan diagonal atau miring namun memiliki jalinan benang yang kuat. Kain ini memiliki bahan yang bercampur dengan katun juga polyester. Kain ini memiliki serat garis-garing miring, tenunnya rapat dan kuat, permukaan depan dan belakang berbeda. Kain drill biasanya digunakan untuk taplak meja, jaket, totebag, celana, dan bantal hiasan.

5.    Kain Hyget

Kain hyget termasuk bahan yang terbuat dari campuran polyester dan juga cotton. Kain ini juga tidak terlalu tebal, namun jika disentuh dengan tangan akan terasa halus dan lembut. Biasanya kain ini dipakai untuk, baju bayi, boneka kain, dan lain-lain.

Kain-kain lainnya juga masih banyak seperti kain satin bridal yang digunakan untuk dress, bantal hias, label, jaket, bolero, dan bad runner. Lalu ada kain shantung yang digunakan untuk mukena, sarung pantai, daster, dan batik. Setelah itu ada kain silk satin untuk scarf, tirai transparan, gaun, pashmina, dan hijab.

Kain scuba juga digunakan untuk sarung bantal, rok, jaket, dan crop top. Terakhir kain spandek glossy yang dipakai untuk baju renang, rok, gaun, legging, dan terkadang untuk baju cosplay mau pun costum. Di atas hanya sebagian dari seluruh kain. Kain apa pun bisa digunakan untuk melakukan cetak kain.

Berbagai Metode Cetak Kain

Salah satu metode cetak kain adalah block printing. Metode tradisional ini masih digunakan biarpun sudah banyak mesin-mesin yang canggih. Kedua, screen printing yang biasa juga dikenal dengan sablon.

Ketiga, engaved roller printing. Metode biasanya dipakai saat ingin melakukan percetakan kain skala besar. Keempat, transfer printing. Metode ini cocok digunakan untuk kain jenis polyester dan sintetis. Kelima. Digital printing, stenciling, dan rotary screen printing, dan meotde yang lain-lain.

Dalam proses print kain, kain akan diberi warna dan corak-corak yang indah sesuai dengan permintaan klien. Kini, banyak penyedia jasa yang profesional dalam memberikan layanan cetak kain yang berkualitas. Jasa print kain Bekasi menjadi salah satu tempatnya. Banyak orang ingin melakukan cetak kain di produk yang mereka buat guna untuk mempercantik benda tersebut. Biasanya mereka akan mencetak selendang, hijab, kotak pensil kain, celana, kaos kaki, rok, baju, sapu tangan, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *