Categories
Teknologi

Perbedaan Light novel dan visual novel

Pertama-tama saya ingin mengucapkan maaf terlebih dahulu karena membuat judul yang terlalu monoton ini XD gomennasai~

Yah! Bagi kalian yang telah lama berkecimpung di dunia per-anime-an-dan-sebangsanya pasti sudah mengenal doong istilah-istilah seperti judul di atas. Tapi bagi yang belum tahu mari saya jelaskan pengertiannya dulu serta bebarapa kelebihan dan kekurangannya dibanding anime atau manga :

1) Light Novel (Novel ringan)

Sesuai namanya, Light novel adalah cerita yang disampaikan melalui tulisan (text), tetapi, bedanya dari novel biasa adalah di LN (light novel) biasanya ditambahi ilustrasi-ilustrasi gambar bergaya manga yang sedang terjadi dalam cerita. Tetapi tidak setiap halamannya berisi ilustrasi seperti manga.

Biasanya LN ini banyak diadaptasi menjadi manga ataupun anime. Di Indonesia, jarang sekali light novel dapat ditemukan, tetapi jangan khawatir bila ingin tetap membaca LN, bisa dibaca bakatsuki kok . Contoh dari light novel adalah Oreimo, Toradora! , Sword Art Online, Penguin Summer, dan masih banyak lagi.

* Kelebihan dari LN adalah :

Cerita yang disajikan lebih lengkap daripada anime (yang berjudul sama)
Pengembangan karakter di LN bisa lebih luas dari animenya
LN biasanya original story dari pengarangnya
* Kekurangan dari LN :

Orang yang berimajinasi rendah sulit membayangkan yang terjadi karena minimnya ilustrasi.
Biasanya ceritanya panjang hingga pembaca menjadi bosan.

2) Visual Novel (VN)

Visual novel merupakan cerita yang disajikan dalam bentuk visual seperti pada gambar diatas. Gambar yang disajikan bergaya anime dengan teks apa yang karakter tersebut bicarakan dibawahnya. Biasanya, dalam beberapa kesempatan kita disuruh memilih apa yang harus kita lakukan selanjutnya sebagai penentu ending dari VN tersebut seperti gambar dibawah ini.

Tapi, ada juga VN yang hanya bacaan saja alias kita tidak disuruh memilih, namanya dalah kinetik novel. Selain kinetik novel, VN juga terdiri dari beberapa macam seperti galge/dating sims (VN yang melatih untuk berkencan), Eroge (semacam hentai VN), otome game (khusus untuk wanita), dll.

Sekarang ini, banyak VN yang bisa dimainkan lewat gadget seperti iOs, android, dan PC. Saya sendiri cukup sering memainkan VN di android saya ketika sedang tidak ada kerjaan 😀 Contoh VN adalah : Clannad, Little buster, starry sky, walking moons, reaching out, atau untuk more detail nya disini ” Ryuublogger Visual Novel Free Download ” 

* Kelebihan VN :

Bisa memilih ending cerita dari VN sesuka kita.
Beberapa VN menggunakan seiyuu sehingga membuat kita lebih tertarik.
Terasa ikut “masuk” ke dalam cerita VN.
* Kekurangan VN :

Ketika salah memilih malah membuat jadi bad ending dan tidak sesuai original story
Saat ini jarang sekali (atau bahkan hampir tidak ada) yang menggunakan bahasa Indonesia tidak seperti anime yang sudah banyak menggunakan bahasa Indonesia
Hanya melihat cerita atau karakter lain dari sudut pandang itu itu saja sehingga sulit melihat pengembangan karakter lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *