Categories
Uncategorized

Cara Membuat Minyak Kelapa Murni Yang Sehat Dan Berkualitas

Saat ini banyak orang menginginkan minyak kelapa murni yang bersih dan sehat saat dikonsumsi. Namun dipasaran banyak juga kecurangan. solusinya kita dapat membuatya sendiri. Cara membuat minyak kelapa murni yang mudah dan sehat cukuplah mudah.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa adalah minyak yang dibuat dari bahan dasar buah kelapa segar. Di buat dengan mengambil Minyak yang terkandung dalam Buah Kelapa. Menggunakan metode pendinginan maupun pemanasan.

Minyak Kelapa Murni memiliki kadar air dan asam lemak bebas yang sangat rendah, tidak berwarna (bening/transparan), harum, serta tahan lama.

Manfaat Dari Minyak Kelapa Murni

1. Mempertajam Fungsi Dari Kognitif Otak

Manfaat minyak kelapa yang sangat bermanfaat adalah memiliki kandungan asam lemak rantai sedang.

Asam Lemak Rantai Sedang bukan hanya mudah diserap oleh hati dibandingkan dengan jenis asam lemak yang lainnya. Tetapi juga dimetabolisme lebih cepat.

Asam lemak ini juga dapat diolah lebih lanjut menjadi makanan keton/gugus fungsi yang dapat dimanfaatkan oleh otak sebagai sumber energi utamanya.

Di dampingi dengan cara pola diet yang rendah karbohidrat. asupan keton/gugus fungsi dapat menyediakan sampai 70% dari energi yang dibutuhkan oleh otak kita.

Sudah terbukti memiliki peluang efek terapi bagi orang yang menderita kehilangan memori seperti dalam kasus penyakit Alzheimer.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi asam lemak rantai menengah yang terkandung dalam minyak kelapa murni, sudah terbukti dapat meningkatkan jumlah kalori yang anda bakar dibandingkan dengan asam-asam lemak lainnya.

Tubuh manusia dapat dengan mudah mengubah lemak menjadi energi. Keton/gugus fungsi, yaitu sebagai salah satu bentuk energi yang dihasilkan dari metabolisme lemak, diketahui memiliki efek mengurangi nafsu pada makan.

3. Melancarkan Saluran Pencernaan

Minyak kelapa murni ini bisa membuat manusia memiliki sistem percenaan yang lebih baik untuk membantu tubuh untuk lebih efektif menyerap jenis-jenis vitamin dan mineral yang larut dalam lemak , seperti magnesium dan kaksium.

Sebagian studi telah menguji bahwa MCT dalam kandungan Minyak kelapa murni benar-benar bisa mempromisikan pemecahan dan pencernaan lipid seutuhnya, Bisa dengan cara meningkatkan efisiensi enzim yang berhubungan dengan metabolisme tubuh kita.

4. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan mengkonsumsi Minyak kelapa murni dapat membantu melawan penyakit karena kandungan yang ada di dalamnya menjadi anti-virus, anti-jamur, dan anti-bakterinya. Jika Anda sedang berusaha melawan virus atau terinfeksi apapun, cobalah untuk mengonsumsi minyak kelapa ini.

5. Baik Untuk Kesehatan Kardiovaskuler

Walaupun minyak kelapa merupakan lemak jenuh, beberapa studi telah menemukan bahwa memakan Minyak kelapa ini tidak memiliki efek merugikan untuk jantung.

Manfaat minyak kelapa dapat mengurangi resiko tinggi kolesterol dan serangan jantung. Studi ini dilakukan pada hewan, bukan manusia.

Ada peneliti yang menemukan bahwa informasi dari hasil penelitian, bahwa kaum Polinesia di daerah dengan nama Cook.

Dimana orang-orang yang tinggal disana memiliki kolesterol yang rendah dan rendahnya kasus penyakit serangan jantung, padahal mereka memiliki pola makan yang sangat tinggi akan minyak Kelapa.

Cara Buat Minyak Kelapa Murni

1. Persiapan Bahan Baku

Kelapa yang akan diolah menjadi bahan dari minyak yang digunakan adalah Kelapa yang berumur.

Dalam ruangan antara 11 dan 12 bulan berbutir kasar dan berwarna Cokelat kelapa. Buah kelapa tua akan menghasilkan tanaman minyak yang tinggi. Cara buat minyak kelapa bisa dengan bantuan mesin vco.

2. Buat Santan

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum proses pembuatan adalah kelapa tua. Rasio kelapa dengan udara adalah 2,5 butir versus 1,5 liter udara mendidih.

Cara menghancurkan kelapa bisa menggunakan mesin pemotong kelapa. Kalau memungkinkan, gunakan mixer dalam skala kecil dengan cara memotongnya menjadi potongan yang kecil, setelah itu diaduk dengan udara.

Peras dan saring hingga santannya keluar, Langkah berikutnya masukkan santan ke dalam mangkok atau tutup transparan, lalu tutupi bagian atasnya. Biarkan santannya sampai terbentuk dua lapisan kurang lebih satu jam, lapisan yang paling atas disebut krim (cannell).

Lapisan yang paling bawah adalah udara yang memisahkan krim dari air untuk proses pembuatan VCO.

Cara Buat Minyak Yang Bagus

Setelah krim di masukan ke lapisan atas, langkah selanjutnya adalah proses pembuatan minyak kelapa yang terdiri dari 2 metode. Metode buat minyak kelapa murni sebagai berikut:

1. Metode Tanpa Pemanasan

Cara pembuatan minyak kelapa ini menghasilkan minyak yang bening yang sering disebut minyak kelapa murni. Anda juga harus menyiapkan daging kelapa yang tua dan mengikuti cara-cara membuat minyak kelapa murni sebagai berikut:

  1. Parut daging kelapa kemudian peras santannya (beri sedikit udara agar santan yang keluar lebih banyak).
  2. Masukkan santannya ke dalam kantong plastik lalu diamkan selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan yaitu santan di atas dan udara di bawah.
  3. Buatlah lubang di bagian bawah plastik agar udara terpisah dan terbuang percuma, Tuang santan kental ke dalam wadah plastik, tutup dengan rapat, dan simpan pada suhu ruangan yang minim sinar matahari selama 24 jam.4.
  4. Setelah 24 jam akan terbentuk tiga lapisan yaitu minyak kelapa (atas), minyak kelapa (tengah), udara (bawah), Tuang minyak ke dalam wadah yang memungkinkan dan kain bersih atau tisu tanpa pewangi untuk menyimpan minyak dan santan.5.
  5. Anda juga bisa menaruhnya di lemari es sehingga tiga lapisan yang paling atas membeku. Ambil bagian yang beku yaitu minyak, lalu ulangi langkah tadi dengan tisu atau kain bersih, Tetesan minyak dari proses ini disebut VCO.

2. Metode Pemanasan

Metode ini menggunakan pemanasan yang terkontrol. Untuk melakukannya. Krim yang diperoleh dari santan tadi dimasak dalam wajan dengan suhu sedang dari 60 ° C hingga 75 ° C, Lalu diaduk perlahan sampai minyak keluar. Saat Anda mendapatkan oli, matikan apinya.

Pisahkan minyaknya dari tempat dengan sendok. Keuntungan menggunakan metode ini adalah VCO produk diperoleh dalam waktu yang lebih singkat daripada metode lainnya.

Itulah cara membuat minyak kelapa murni yang mudah dan sehat. Pada dasarnya minyak kelapa yang dimanfaatkan adalah minyak yang telah melalui proses pemanasan guna menghilangkan asam lemak bebasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *