Categories
Uncategorized

Yuk Cobain Resep Daging Sapi Goreng

Di Indonesia daging sapi memiliki banyak macam olahan seperti resep daging sapi goreng, bistik, dan diolah dengan sayur buncis

Bisa juga digiling menggunakan choper dan mesin daging giling bakso bila ingin membuat resep daging giling sapi.

Pengertian Daging Sapi

daging sapi

Daging sapi adalah daging yang diperoleh dari sapi yang biasa dan umum digunakan untuk keperluan konsumsi makanan. Di setiap daerah, penggunaan daging sapi berbeda-beda tergantung cara pengolahannya.

Misalnya iga dan T-bone sangat banyak digunakan sebagai bahan pembuatan steak di Eropa dan Amerika Serikat, sehingga bagian dari daging sapi ini banyak diperdagangkan.

Akan tetapi seperti di Indonesia dan di berbagai negara Asia lainnya daging ini banyak digunakan untuk makanan berbumbu dan bersantan seperti sup konro dan rendang.

Selain itu ada beberapa bagian daging sapi lain seperti lidah, hati, hidung, jeroan dan buntut hanya digunakan di berbagai negara tertentu sebagai bahan dasar makanan

Jenis Sapi Potong

jenis sapi

1. Limousin

Awalnya, sapi limousin dikembangkan di Prancis. Habitat asli sapi limousin adalah kawasan dengan cuaca dingin dan jarang ditumbuhi hijauan atau rumput. Kondisi ini menyebabkan sedan memiliki sistem imun yang kuat.

Saat ini limusin menjadi andalan ternak bagi para peternak karena kualitas dagingnya yang tinggi. Berat maksimalnya mencapai 1,2 ton. Ciri-cirinya antara lain kulit coklat tua, kaki putih, dan badan yang panjang.

2. Simmental

Asalnya dari Lembah Simme, Oberland Berner, Swiss. Sapi ini memiliki karakteristik fisik berwarna kuning keemasan hingga cokelat. Bagian wajah, ekor, dan lututnya didominasi putih. Potensi bobotnya antara 600 kg sampai 1,7 ton.

3. Brahman

Sapi brahman merupakan ternak asli India dengan ciri khas punuk besar di atas bahu. Di bagian bawah leher terdapat gelambir yang melebar sampai ke perut, tanpa tanduk, dan berwarna merah atau hitam. Sapi brahman dewasa berbobot 1,1 ton dengan persentase karkas 45-50%.

4. Peranakan Ongole

Peranakan ongole berasal dari persilangan sapi jawa dan ongole. Ukuran tubuhnya lebih kecil daripada sapi ongole, didominasi warna putih, berpunuk, dan bergelambir. Bobot tubuhnya hanya mencapai 350 kg.

5. Sapi Bali

Sapi bali tergolong unik karena bagian pantatnya dan lutut hingga tungkai dipenuhi warna putih. Tubuhnya pendek denga bobot maksimal 400 kg. Mulanya, sapi ini berwarna merah keemasan, lalu yang jantan berubah hitam saat mencapai usia dewasa.

6. Sapi Madura

Sapi madura sering digunakan sebagai pacuan dan lomba. Ketika menginjak umur dewasa, bobot sapi ini antara 350-500 kg. Daya tahan tubuhnya termasuk kuat dan mampu bertahan hidup di cuaca tropis. Warna khasnya adalah merah bata dengan tanduk kecil di kepalanya.

7. Sapi Aceh

Perkawinan silang antara Bos sundaicus dan Zebu menghasilkan genetik baru, yaitu sapi aceh. Gelambir dan punuk di punggung menjadi ciri khas sapi ini. Sapi aceh mudah beradaptasi dengan lingkungannya dan daya tahan tubuhnya kuat. Di samping itu, sapi aceh mampu bertahan hidup meskipun kualitas pakannya jelek.

Di Indonesia olahan daging giling sapi diubah menjadi berbagai macam makanan seperti bakso, bistik daging giling, dan yang paling banyak adalah steak. Untuk steak sendiri bukanlah berasal dari Indonesia, nah maka dari itu yuk kenali steak lebih dekat!

Resep Daging Sapi Goreng

resep daging sapi goreng

Bahan-bahan :

  • 1/4 kg daging sapi

Bumbu halus :

  • 5 bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • Merica butir secukupnya
  • Garam

Bahan tambahan :

  • Kecap manis secukupnya

Langkah

  1. Potong daging sapi mengikuti serat dan potong kecil seperti sate, agar daging tidak alot. Cuci bersih dan remas-remas agar tidak banyak air
  2. Haluskan bumbu dan marinasi daging hingga 1jam
  3. Goreng daging dengan minyak secukupnya. Aduk hingga matang lalu beri kecap secukupnya
  4. Sajikan

Itulah tadi resep daging sapi goreng. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *