Categories
Wisata

Wisata Raja Ampat, Empat Raja di Lautan

Berada di ujung pulau Papua, Raja Ampat terdiri dari empat pulau utama dan puluhan pulau kecil di sekitarnya. Kata “raja ampat”, atau empat raja, merujuk pada 4 pula terbesar: Misool, Salawati, Waigeo, serta Batanta. Disebut sebagai “surga terakhir di dunia”, Wisata Raja Ampat menawarkan keindahan di pulau- pulau utama yang istimewa.

Wisata Kelas Dunia di Empat Pulau Utama

Menurut penelitian Greenpeace, lebih dari 15% luas terumbu karang dunia ada di Indonesia, dominan ada di sebelah timurnya. Raja Ampat diyakini mempunyai ratusan spesies karang keras yang mewakili sebagian besar spesies yang tertera di Pusat  Segitiga Terumbu Karang. Terumbu karang berfungsi sebagai tempat hidup berbagai biota laut khususnya ikan-ikan koral laut. Jika separuh terumbu dari Segitiga Terumbu Karang dunia ada di Raja Ampat, bisa dipastikan betapa menakjubkannya panorama bawah air di tempat ini.

Pulau Misool adalah pulau paling selatan Raja Ampat. Sejauh mata memandang ada deretan pantai dengan pasir putih dengan air sebening kaca. Pulau yang digadang-gadang menjadi geopark ini mempunyai kekayaan hayati sekelas internasional. Anda bisa merasakan pengalaman berenang bersama bayi hiu di wilayah konservasi Jaam. Di sekitar pulau Minsool, ada beberapa tempat diving tersebar yang siap mempertemukan pengunjung dengan penunggu lautan. Ikan pari, barakuda, hingga penyu silih berganti sibuk menghampiri para penyelam. Gugusan pulau karang yang menghiasi pantai, sisa-sisa reruntuhan perang dunia, olah raga kayaking, hingga resor besar yang lengkap, membuat Misool destinasi favorit di Raja Ampat.

Di pulau Salawati, Anda benar benar dimanja dengan keasrian hutan tropis dan pohon sagunya. Pemandangan batu karang yang menjulang berwarna keabuan terlihat kontras dengan air kebiruan di sekelilingnya. Pulau besar nan sunyi ini sangat alami karena masih sangat jarang dikunjungi. Jernihnya air laut tidak bisa menyembunyikan terumbu karang bermacam ukuran, tempat banyak ikan koral dan moluska menetap. Uniknya, tak hanya ikan laut yang berwarna-warni. Di sungai Doktor ditemukan jenis ikan air tawar spesies baru, Ikan Pelangi Salawati.

Pulau Waigeo merupakan pulau terbesar di Raja Ampat. Pulau yang menjadi ikon pariwisata ini mempunyai jajajaran pulau karang yang menjulang berbagai bentuk berjajar bagai benteng alam. Lokasi favorit menyelam di sini adalah tanjung Kabul. Menampilkan gugusan pulau dan gua kapur, penyelam bisa mengeksplor sejala penjuru. Disamping aktivitas air, Pulau Waigeo sendiri adalah rumah bagi puluhan jenis satwa liar.

Mengunjungi Pulau Batanta.berarti anda sedang beristirahat dari kegiatan menyelam. Pulau ini mempunyai air terjun indah di hutannya. Walaupun harus melewati medan yang cukup terjal, air terjun pulau Bentana sangat menakjubkan. Berinteraksi dengan Penduduk pulau Batanta yang ramah sangat menyenangkan. Beberapa penduduk bahkan membuka homestay di rumah-rumah mereka. Di sini Anda dapat mencicipi makanan khas Raja Ampat yang dimasak dengan cara tradisional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *