Categories
Uncategorized

Harga Domba Aqiqah Bandung

Dalam menyambut kelahiran seorang bayi, tentunya selama itu juga para orang tua sibuk mencari tahu tentang informasi harga domba aqiqah Bandung. Karena selain disibukkan dengan proses perawatan buah hati yang baru saja dilahirkan di dunia, mereka juga sibuk dengan mempersiapkan proses aqiqah.

Seperti yang diketahui bahwa pada dasarnya proses ini paling baik dilaksanakan 7 hari sejak buah hati dilahirkan. Selain itu, dalam prosesnya nanti ada serangkaian acara yang harus dilakukan seperti kenduri, pemotongan hewan, dan pembagian makanan aqiqah.

Melihat hal tersebut, maka mengetahui harga domba aqiqah Bandung sejak dini hukumnya wajib bagi orang tua. Karena mereka harus mempersiapkan dana untuk membeli hewan kurban tersebut sekaligus mempersiapkan serangkaian acara di dalamnya. Hanya saja terkadang mereka bingung memilih antara domba dan kambing.

Karena tidak banyak orang tua memahami perbedaan di antara dua binatang tersebut. Salah satu binatang terpopuler untuk bahan masakan adalah kambing. Padahal aromanya sangat tidak enak dibandingkan daging kambing. Lalu bolehkah domba dijadikan bahan aqiqah Lembang? Simak selengkapnya disini.

Harga Domba yang Digunakan untuk Aqiqah

Sebelum mencari tahu harga domba aqiqah Bandung, sebaiknya pahami dulu tentang penggunaan hewan ternak yang akan dijadikan sebagai pelengkap kegiatan ini. Beberapa orang terkadang bingung memilih antara kambing dan domba karena tidak tahu penggunaan hewan ternak yang sah untuk melaksanakan momen tersebut.

Padahal sebenarnya Rasulullah sudah memberi contoh dengan menyembelih binatang kambing dalam melaksanakan perintah agama ini. Hal tersebut telah tertuang dalam hadits HR At Tirmidzi dan juga Ibnu Majah. Bahwa Rasulullah memerintahkan umatnya menggunakan 2 kambing untuk anak laki-laki.

Sedangkan anak perempuan menggunakan 1 kambing saja bila ingin melaksanakan aqiqah Bandung. Sementara itu, sebenarnya kambing dan domba termasuk hewan ternak yang sering ditemukan di daerah pemukiman. Meski terlihat serupa, namun keduanya tetap berbeda. 

Hanya saja karena bentuk dan kedekatan speciesnya hampir mirip, maka para ulama berpendapat bahwa melaksanakan ibadah ini menggunakan domba itu diperbolehkan. Untuk itu bila ingin melaksanakan aqiqah Cimahi menggunakan hewan ini tidak masalah. Keduanya sama-sama sah di mata agama.

Perbedaan Hewan Ternak untuk Aqiqah Bandung

Kedua hewan ternak ini masuk dalam 1 sub family yang sama. Itulah sebabnya bila dilihat dari bentuknya, keduanya sangat mirip. Namun meski begitu, ternyata ada cara tersendiri untuk mencari perbedaan dari keduanya bila melihat dari segi fisiknya. Di bawah ini adalah cara membedakan keduanya:

  1. Dilihat dari segi bulunya, domba itu berbulu lebat dan keriting. Sehingga biasanya bulu mereka selalu dicukur saat lebat dan bisa dijadikan sebagai kain wol. Sedangkan kambing bulunya lurus dan tidak begitu lebat. Itulah sebabnya domba aromanya tidak menyengat bila dijadikan sebagai bahan masakan aqiqah Cimahi.
  2. Dilihat dari tanduk dan telinganya, kambing memiliki telinga besar menjuntai ke bawah serta panjang. Sementara domba itu telinganya tegak ke atas. Untuk tanduknya sendiri, kambing berbentuk tegak lurus sedikit ke belakang/ samping. Sedangkan domba tanduknya melengkung dan tidak semuanya memilikinya.
  3. Untuk cara makannya sendiri kambing itu suka makan sambil berdiri seperti jerapah. Sementara lainnya itu merunduk. Jadi seperti itulah sedikit perbedaan keduanya bila kamu ingin menjadikannya sebagai pilihan untuk bahan masakan dalam acara aqiqah Lembang.

Setelah melihat perbedaan dari hewan ternak tersebut, tentunya hal ini cukup memberikan jawaban untuk kamu yang masih bingung memilih di antara keduanya. Untuk itu bila ingin mencari tahu seputar harga domba aqiqah Bandung dan melakukan pemesanan, silahkan hubungi kami dari Assabiq-Aqiqah di nomor 082295757475.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *