Categories
Teknologi

Kegiatan Belajar di SD Qur’an di Bandung Timur

Sekolah Dasar menjadi tingkat pendidikan yang penting dalam kehidupan karena menjadi pondasi awal membangun karakter seorang anak. Banyak Sekolah Dasar yang bisa dijadikan pilihan untuk buah hati, tapi Anda tidak boleh sembarangan memilih sekolah. SD Islam di Bandung Timur bisa menjadi pilihan terbaik untuk memberikan pendidikan terbaik bagi buah hati.

Pendidikan dasar juga menjadi pilihan yang tepat untuk mengajarkan anak tentang agamanya, khususnya agama Islam. Mengajarkan nilai-nilai agama sejak kecil menjadi bekal yang baik untuk anak agar karakter atau kepribadian yang terbentuk juga mengutamakan nilai-nilai agama tersebut. Oleh karena itu, pemilihan sekolah Islam merupakan solusi terbaik yang bisa Anda berikan.

Di tengah banyaknya SD Islam di Bandung Timur, Anda bisa memilih SD Unggulan Al-Izzah. Sekolah ini memiliki tenaga pendidik yang berpengalaman dan berkompeten di bidangnya, fasilitas menunjang dan metode pembelajaran yang sesuai dengan pendidikan Islam. Berbagai kegiatan pun juga akan membentuk kepribadian pelajar dalam mengaplikasikan berbagai ajaran Islam dengan baik.

Metode Pendidikan Islam

Setiap tenaga pendidik memiliki hak masing-masing dalam menggunakan metode seperti apa saat mengajar di kelas. SD Ungulan Al-Izzah sudah menetapkan metode pembelajaran yang tepat untuk para siswanya, yaitu dengan menerapkan pendidikan Islam dalam setiap materi dan pembelajaran. Dengan begitu, tenaga pendidik harus menyesuaikan diri dengan metode pendidikan Islam yang akan diajarkan pada pelajar.

Berbagai macam metode bisa dilakukan dalam menerapkan pendidikan Islam ini, seperti melalui perumpamaan, dialog, ibroh (merenung dan berpikir), kisah Qur’ani, praktik dan perbuatan, keteladanan, mauizhoh (nasihat), hingga targhib dan tarhib (penghargaan dan hukuman). Tenaga pendidik yang berpengalaman pasti sudah tahu dalam menerapkan metode pembelajaran di SD Islam di Bandung Timur ini.

Baca Tulis Al-Qur’an dan Tahfizh

SD Unggulan Al-Izzah menyediakan tiga muatan kurikulum untuk para siswanya, yaitu kurikulum nasional, kurikulum lokal dan ekstrakurikuler. Penerapan pendidikan Islam juga masuk pada kurikulum lokal, yaitu pada pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dan Tahfizh. Pelajaran ini mampu meningkatkan kemampuan baca tulis siswa terhadap Al-Qur’an menjadi lebih baik.

Bukan hanya itu, SD Islam di Bandung Timur ini juga memberikan pelajaran berupa tahfizh. Dalam kegiatan belajar ini, siswa akan diajak untuk menghafalkan bacaan Al-Qur’an agar nantinya bisa menjadi seorang penghafal Qu’an atau hafiz atau hafizah. Bacaan yang sudah dihafalkan pun akan terus dipelihara dengan membiasakan diri membaca Al-Qir’an.

Kebiasaan Penerapan Ajaran Islam

Bukan hanya ilmu dan pengetahuan tentang Islam saja yang diajarkan di sekolah ini, melainkan juga berbagai kebiasaan penerapan ajaran Islam dalam setiap kesempatan. Ajaran agama memang sudah seharusnya diterapkan dalam keseharian dan hal inilah yang diterapkan di SD Unggulan Al-Izzah agar para siswanya mampu mengaplikasikan setiap amalan sesuai ajaran Islam.

Beberapa kebiasaan yang mulai dibangun di lingkungan sekolah adalah mengucapkan salam saat keluar masuk ruangan, mengucapkan bismillah sebelum memulai sesuatu dan mengucapkan alhamdulillah setelah melakukan sesuatu, berinfaq, sholat berjamaah di sekolah, saling membantu sesama teman, bersedekah dan masih banyak lagi.

Pemberian pelajaran agama Islam sejak dini memang sangat penting untuk memberikan pondasi kuat sesuai ajaran agama Islam sehingga tidak mudah tergoyahkan oleh hal-hal buruk atau jauh dari ajaran. Oleh sebab itu, pemilihan SDU Al-Izzah sebagai SD Islam di Bandung Timur merupakan pilihan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *