Categories
Uncategorized

Mengenal Lebih Dalam Tentang Perbedaan WordPress dan Blogspot

WordPress dan Blogspot adalah dua platform yang biasa digunakan untuk membangun sebuah web atau blog.

berlangsung banyak perselisihan salah satu keduanya, mana yang lebih baik, khususnya untuk urusan blogging. Berikut ini aku tuliskan lebih dari satu perbedaan antara WordPress dan Blogspot. Selamat Menyimak di fakhrurpedia.com.

Mengenal WordPress.com dan WordPress.org

Sebelum mengenal lebih jauh berkenaan perbedaan antara wordpress dan blogspot, tersedia baiknya mengenal khususnya dahulu perbedaan antara wordpress.org dan wordpress.com.

WordPress adalah aplikasi CMS (content management system) yang paling banyak digunakan diseluruh dunia.

Kemudahan dalam membuat artikel post, halaman statis, menu, dan lain-lain yang tidak memerlukan bhs pemograman yang rumit menjadikan wordpress sebagai pilihan yang pas bagi para blogger khususnya bagi yang masih pemula.

Untuk penggunaanya, layaknya cara posting, upload file, cara membuat halaman/page, dan settingan umum secara keseluruhan bisa dibilang sama. Tampilan halaman admin, Bahasa pemrograman dan struktur CMSnya pun sama.

Jadi secara keseluruhan WordPress.com dan WordPress.org sesungguhnya punyai banyak kesamaan. Serupa namun tak sama, Kembar namun beda.

Perbedaan yang paling drastis sesungguhnya hanya tersedia 3.

Yang Pertama adalah Domain. Jika kamu manfaatkan WordPress.com, domain yang akan kamu manfaatkan akan tersedia embel-embel WordPress dibelakang nama domain yang kamu pakai.


Contoh : Punyasaya.Wordpress.com

Dan dikala kamu manfaatkan WordPress.org kamu bebas memilih nama domain sepanjang domain tersebut belum dipakai oleh orang lain.

Yang ke dua adalah Monetisasi. WordPress.com hanya mengijinkan iklan dalam artikel kita berasal dari “wordads” yang mana traffik sekurang-kurangnya juga mesti 2000 per hari.

Sedangkan untuk WordPress.org kamu bisa bebas menempatkan iklan darimanapun. Yang paling mudah bisa gunakan iklan berasal dari google atau yang biasa kita sebut bersama “adsense”.

Yang Terakhir adalah mengenai Kontrolisasi. Dengan Mengunakan WordPress.org kamu bisa leluasa mengutak-atik web kamu sesuai yang kamu inginkan.

Sedangkan di WordPress.com, seluruhnya serba terbatas. Seperti Upload file mesti bersama format tertentu, Tidak bisa gunakan plugin, Kustomisasi tema juga terbatas, Tidak diijinkan menempatkan javascript, dll.

Perbedaan WordPress dan Blogspot

Sebagai catatan WordPress yang dibandingkan ini adalah WordPress.org. Karena menurut saya, WordPress.com dan Blogspot itu agak mirip. Simak ulasanya.

Biaya

a. Blogger (Blogspot)

Dikarenakan Blogspot berasal berasal dari google, maka tidak akan dikenakan ongkos Hosting atau penyimpanan sepanjang akun google kamu belum melebihi batas limit (15gb). Untuk domain juga bisa gratis jikalau senang alamat web ketambahan embel-embel blogspot dibelakang nama domain.

b. WordPress

Untuk WordPress.org kamu butuh ongkos untuk belanja domain dan hosting. Jika tidak ingin ribet, umumnya penyedia jasa hosting juga sedia kan paket bersama domain gratis jikalau belanja hosting bersama paket tertentu.

Menggunakan WordPress.org sesungguhnya butuh ongkos diawal, dan Blogger tidak butuh. Tetapi jikalau ingin lebih dikembangkan dan diseriusi, manfaatkan wordpress lebih murah.

Tampilan

a. Blogger (Blogspot)
Untuk penampilan yag dihidangkan oleh pihak penyedia sesungguhnya terbatas.

Jika kamu iingin penampilan yang lebih menarik, kamu bisa belanja template berasal dari pihak ketiga yang udah banyak menyediakan. Di indonesia sendiri udah banyak pihak penyedia template degan kualitas yang lumayan baik.

b. WordPress

Di wordpress tersedia ribuan template gratis bersama beraneka macam kategori yang bisa kita menyesuaikan degan kebutuhan kita. Misal kita ingin membuat blog mengenai berita, makanan, fotografi, atau hanyalah penampilan default untuk diary, seluruhnya dihidangkan bersama gratis.

Kontrol

a. Blogger (Blogspot)

Karena sifatnya hosted, maka kepemilikan web tidak 100% milik kamu. Ada banyak keterbatasan, layaknya tidak bisa mengganti template, dan tingkatkan plugin.

Dan dikarenakan bukan milik khusus 100% maka jangan heran jikalau sewaktu2 web kamu bisa dihapus tanpa pemberitahuan. Meskipun itu jarang.

b. WordPress

Bebeda bersama WordPress. Karena berbentuk open source, maka kamu bisa bersama mudah tingkatkan fitur-fitur baru untuk menolong kebutuhan. Meski kamu tidak jelas bhs pemrograman, kamu lumayan mengistal plugin-plugin yang sesuai bersama fitur yang kamu inginkan.

Pemasangan Iklan

a. Blogger (Blogspot)

Karena lahir berasal dari rahim google maka pemasangaan iklan berasal dari google (Adsense) bisa jadi monetisasi paling besar bagi para blogger.

b. WordPress

Sedangkan di WordPress.org dikarenakan kamu puya kuasa penuh, kamu bisa menempatkan iklan berasal dari google (adsense) atau berasal dari advertising network manapun.

Keamanan

a. Blogger (Blogspot)

Kemanan di blogspot bisa dibilang aman dikarenakan langsung dikelola oleh google. pasti bersama syarata manfaatkan template default, bukan berasal dari pihak ketiga penyedia template. Selama tidak menyalahi ketentuan berasal dari google, maka web akan aman sentosa.

b. WordPress

Banyak isu bertebaran bahwa blogger lebih aman ketimbang wordpress dikarenakan langsung berasal dari google. Sekilas sesungguhnya masuk akal, namun kenyataan dilapangan tidak sesuai ekspektasi.


WordPress bisa disebut sebagi platform yang punyai tingkat keamanan yang tinggi dikarenakan script terus diperbarui secara berkala, sehingga celah kemananannya tertutup rapat. Agar lebih aman kamu bisa gunakan plugin2 keamanan yang gratis maupun yang berbayar.

Lagipula jikalau web kamu masih baru, siapa sih yang senang iseng2 obrak-abrik jeroannya.

Mana yang Lebih Baik Untuk Persaingan SEO?

Secara umum keduanya punyai kesempatan berkompetisi untuk nangkring dihalaman satu google.

Meski Blogger adalah adalah anak berasal dari google sang pemilik lintasan, banyak mitos yang mengatakan bahwa Pengguna WordPress.org lah yang akan sukses.

Secara fitur, tampilan, dan fleksibilitas yang di tawarkan oleh WordPress sesungguhnya lebih unggul dibanding yang lain.

Tetapi yang paling perlu adalah isinya dan bagaimana kita menyajikan mengisi tersebut. Keduanya bisa sukses.

Meski terbatas bersama fitur, jikalau konten berkualitas dan cara penyajiannya tepat, maka keberhasilan hanyalah menanti waktu.

Saya Pakai apa?
Jujur.. Sejak pertama kali kenal website, aku (as santri sintesa) langsung diarahkan untuk Mengenakan WordPress.org oleh para guru. Mengingat mereka lebih berpengalaman, jadi kita hanya sami’na wa atho’na (dengar dan taat).

Seiring berjalanya waktu, aku baru jelas sedikit demi sedikit berlebihan berasal dari WordPress.org ini. Apalagi kita terjun di dunia SEO.

Penggunaan plugin Yoast SEO benar-benar menolong dalam pembuatan konten , serta penyajianya. Dan “katanya” jikalau di blogspot itu kita tidak bisa setting permalink yang jadi tidak benar satu aspek perlu dalam merangking keyword.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *