Categories
Uncategorized

Fungsi dan Cara Menggunakan Tyre Pressure Gauge

Tyre pressure gauge merupakan keliru satu dari sekian banyak alat ukur pneumatic. Tyre pressure gauge atau alat pengukur tekanan ban berfaedah untuk mengukur berapa besar tekanan hawa di dalam ban kendaraan.

Alat ukur ini benar-benar dibutuhkan saat mekanik mengecek tekanan hawa dalam ban, tanpa alat ini besarnya tekanan hawa di dalam ban tidak akan mampu diukur maka gunakan Flow Meter Tokico 2 Inch.

Pengukuran tekanan hawa dalam ban ini nantinya berfaedah untuk menopang pemilik kendaraan atau mekanik untuk menentukan ban wajib dilengkapi hawa atau justru wajib dikurangi dikarenakan kelebihan tekanan udara.

Tekanan hawa di dalam ban yang kurang akan membawa dampak banyak kasus diantaranya adalah laju kendaraan jadi berat, saat memutar kemudi jadi lebih berat, pemaiakan bahan bakar lebih boros, keuasan terhadap permukaan ban tidak akan merata dikarenakan tread bagian luar dan dalam ban akan lebih cepat aus dan lain sebagainya.

Sedangkan tekanan hawa di dalam ban andaikan berlebihan akan membawa dampak banyak kasus terhitung diantaranya fungsi peredam getaran terhadap roda tidak akan maksimal supaya getaran akan benar-benar merasa kecuali kendaraan melalui kendaraan yang tidak rata, bagian permukaan ban yang bersinggungan bersama dengan jalur akan lebih sedikit supaya gampang berlangsung slip, keausan akan tidak merata dikarenakan bagian tengah permukaan ban akan lebih cepat aus dan lain sebagainya.

Alat ukur tyre pressure gauge ada yang terpisah bersama dengan pompa ban dan ada yang jadi satu bersama dengan pompa ban. Tyre pressure gauge yang jadi satu bersama dengan pompa ban lebih untungkan dikarenakan saat lakukan pengisian hawa di dalam ban, tekanan hawa di dalam ban mampu langsung terukur terhadap alat.


Pressure tyre gauge terdapat tiga tipe berdasarkan mtr. pengukurannya, yaitu tipe mekanik, tipe analog dan tipe digital. Untuk lebih jelasnya mencermati gambar di bawah ini :

Pada tipe mekanik, ketika alat ini digunakan untuk mngukur tekanan hawa maka batang mtr. skala ukurannya akan terlihat dikarenakan tekanan hawa yang diukur. Batang terhadap alat ini yang terlihat akan tunjukkan seberapa besar tekanan hawa di dalam ban.

Pada tipe analog, ketika alat ini digunakan untuk mengukur tekanan ban, maka besarnya tekanan hawa yang diukur akan membawa dampak jarum analog di mater ukuran (manometer) bergerak. Gerakan jarum ini akan tunjukkan berapa besar tekanan hawa yang diukur tersebut.

Pada tipe digital, saat digunakan untuk mengukur tekanan, maka hasil bacaan tekanan hawa akan langsung di tampilkan didisplay digital. Tyre pressure digital akan lebih gampang dalam lakukan pembacaan hasil pengukuran.

Cara pemakaian tyre pressure gauge :


Buka tutup pentil terhadap roda kendaraan.
Masukkan gagang bundar terhadap ujung alat tyre pressure gauge terhadap pentil ban.
Baca hasil pengukuran terhadap mtr. ukuran di alat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *