Categories
Printing

Persyaratan Design Simbol

Kesempatan ini kita akan mengulas berkenaan persyaratan dari simbol. Berdasar funsi awalnya simbol yang disebut identitas merek, karena itu Rustan menjelaskan ada dua persyaratan khusus yang perlu dipunyai oleh sebuah simbol. Persyaratan itu ialah:

  1. Harus unik. Kita pernah mengulas berkenaan simbol yang unik. Yaitu simbol yang tidak mempunyai kecocokan atau sama dengan simbol lain. Simbol yang unik dibutuhkan karena simbol itu akan sanggup mengusung citra substansinya sekalian membandingkan sama yang lain.
  2. Harus bisa menampung dinamika yang dirasakan substansinya dalam periode waktu sepanjang kemungkinan. Maknanya simbol harus fleksibel dan bertahan lama.

Kecuali ke-2 persyaratan di atas, Rustan mengutarakan ada persyaratan yang lain memiliki sifat umum yang bisa disaksikan dari factor wujud, warna dan ukuran yang tidak memiliki sifat kaku. Dalam artikel kesempatan ini, kita akan mengulas berkenaan karakter wujud dalam sebuah simbol.
Untuk tentukan wujud simbol yang sesuai personalitas perusahaan, tiap pendesain harus sanggup pahami jalinan di antara beberapa bentuk landasan dan arti dari beberapa bentuk itu. Beberapa jalinan arah garis dan karakternya sebagai berikut ini:

  1. Garis mencatatr/horizontal yang bermakna pasif, statis, stop, tenang/damai, logis, resmi, pangkalan/landasan, daratan, negatif/minus, dan penangguhan
  2. Garis tegak/vertical yang bermakna aktif, tinggi, agung/mulia, istimewa, arogan, religius, kesatuan, tunggal, pemilikan, kemampuan, absolut dan terpenting.
  3. Garis miring/diagonal yang bermakna aktif, bergerak, ke arah, tidak resmi, tidak konstan, larangan, dan penangguhan.

Seterusnya, kecuali status garis yang akan memberi kesan-kesan tertentu pada khalayak. Wujud dari gambar mempunyai arti tertentu yang perlu jadi perhatian dalam membuat simbol desain logo png. Beberapa jalinan wujud landasan dan karakternya sebagai berikut ini:

  1. Lingkaran yang bermakna aktif, bergerak, kecepatan, berulang-ulang, tidak terputus, tidak bermula dan tidak usai, kekal, kualitas, bisa dihandalkan, prima, matahari, kehidupan dan semesta.
  2. Sisi empat yang bermakna konstan, diam, kuat, tegar, logis, keunggulan tehnis, resmi, prima, bisa dihandalkan, kejujuran dan kredibilitas.
  3. Sisi tiga yang bermakna konstan, diam, kuat, istimewa, tegar, logis, tritunggal, api, kemampuan, gurung, keinginan, terukur, progress, berharga, suci, sukses, sejahtera dan keamanan.
Categories
Bisnis Fashion Printing

4 Strategi Promosi Hijab Printing Secara Online

Anda tengah menggeluti bisnis print hijab? Bagaimana cara Anda mempromosikan atau menjual produk Anda?

Sebaiknya, Anda tidak hanya menjual produk hijab printing Anda secara offline, melainkan juga secara online. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, Anda dapat memperluas pasar bagi produk hijab printing Anda, bahkan hingga seluruh Indonesia.

Pastinya, Anda ingin mendapatkan pasar seluas-luasnya, kan? Oleh karena itu, manfaatkan teknologi yang ada untuk memasarkan produk Anda secara online. Bagaimana caranya?

Mudah kok! Berikut empat strategi promosi hijab printing secara online:

1. Pilih Media Online yang Tepat

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus memilih media online terlebih dahulu. Anda dapat memanfaatkan media sosial yang ada, seperti Instagram, Facebook, Line, Path, WhatsApp untuk mempromosikan produk hijab printing Anda.

Selain itu, gunakan juga marketplace yang lagi ngetren di Indonesia, seperti Shoope, Tokopedia, Lazada dan lainnya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan jangkauan pasar yang luas. Terlebih, generasi milenial saat ini tampaknya tidak mungkin tidak mengenal media sosial dan marketplace.

2. Gunakan Konsep yang Apik

Tentu, Anda harus melakukan promosi dengan menarik. Tujuannya, agar warganet (warga online) ‘tergiur’ dengan produk hijab printing Anda.

Anda sebaiknya melakukan promosi dengan membagikan gambar dan video. Untuk gambar, desainlah dengan menarik. Sementara untuk video, durasinya jangan terlalu panjang karena dapat membuat penonton malah menontonnya hingga selesai. Buat video dengan durasi yang singkat, namun tujuan promosi Anda tersampaikan sepenuhnya.

3. Beri Layanan Terbaik

Ciri-ciri pelayanan terbaik adalah ramah dan cepat tanggap. Jadi, jika ada pelanggan yang bertanya tentang produk hijab printing Anda, maka respons-lah dengan ramah dan cepat. Jangan lupa juga untuk menggunakan bahasa yang sopan.

Hal ini dapat membuat pelanggan Anda ‘betah’ bertransaksi dengan Anda. Sehingga, produk hijab printing Anda laku keras.

4. Berusaha Sampai Sukses

Jangan pernah menyerah untuk mengembangkan bisnis print hijab Anda. Sebab, tidak ada kesuksesan yang diraih dengan cara malas-malasan. Jangan lupa juga untuk bersabar dalam melayani pelanggan Anda. Sebab, Anda akan menemukan banyak karakter yang berbeda dari para pelanggan Anda.

Jika ada kesalahan yang mengakibatkan bisnis print hijab Anda mengalami penurunan omzet, maka segera lakukan perbaikan. Gunakan kesalahan tersebut sebagai pembelajaran dan jangan sampai melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

Permasalahan penurunan omzet pada bisnis print hijab adalah hal biasa. Jadi, jangan sampai Anda putus asa hanya karena omzet bulanan Anda mengalami penurunan. Justru ini menjadi tantangan bagi Anda untuk bangkit dari keterpurukan. Berusahalah terus hingga kesuksesan berpihak kepada Anda!

Itulah empat strategi promosi hijab printing secara online. Keempat strategi tersebut dapat Anda ‘adopsi’ untuk mengembangkan bisnis print hijab Anda.

Categories
Bisnis Fashion Printing

Ketahui Motif Kain Printing Sesuai Bahannya

Jasa print kain sudah banyak menyebar di berbagai tempat. Setiap kain memiliki pola-pola yang unik sekaligus beragam membuat siapa pun terpukau karena corak yang dimilikinya, terkadang juga memiliki makna dari setiap garis polanya. Bahan-bahan yang diberikan oleh produsen juga memiliki keunggulannya, juga tidak semua bahan kain bisa diprinting asal-asalan.

Motif Kain Printing Sesuai Bahannya

Print kain menjadi hal yang digemari beberapa saat ini, karena beberapa orang memilih untuk mempunyai motif yang berbeda dari yang lain. Hal ini membuat meningkatnya permintaan pasar, ingin tampi beda adalah keinginan konsumen. Berikut contoh kain-kainnya.

1.    Kain Bi Shrinkage Yarn Jepang

Kain tersebut adalah 100% polyster fabric dengan menggunakan dua jenis polyester yang berbeda, hal tersebut membuat bahan menjadi halus, lembut, tidak panas, dan juga mudah di jahit. Saat melakukan proses printing, kain akan menjadi warna yang cerah.

Biasanya kain Bi Shrinkage Yarn Jepang ini digunakan untuk seragam, seprei, sarung bantal, tirai, taplak meja, dan lain-lain.

2.    Kain Kanvas

Kain kanvas adalah kain yang mempunyai serat tebal dan sangat kuat. Selain tebal, kain kanvas tidak transparan, kaku, tekstur kasar, juga tidak mengikuti badan. Karena itu, kain kanvas digunakan untuk karpet, tirai, sofa, tenda, dompet, tas, topi, dan lain-lain.

3.    Satin Chiffon

Kain satin chiffon memiliki bahan yang lemas mengikuti lekungan badan, memiliki tekstur yang lembut, namun tipis juga transparan. Kain ini biasanya digunakan untuk kerudung, blouse, syal, rok, lingerie juga piyama.

4.    Kain Drill

Kain drill memiliki tekstur yang pintalan diagonal atau miring namun memiliki jalinan benang yang kuat. Kain ini memiliki bahan yang bercampur dengan katun juga polyester. Kain ini memiliki serat garis-garing miring, tenunnya rapat dan kuat, permukaan depan dan belakang berbeda. Kain drill biasanya digunakan untuk taplak meja, jaket, totebag, celana, dan bantal hiasan.

5.    Kain Hyget

Kain hyget termasuk bahan yang terbuat dari campuran polyester dan juga cotton. Kain ini juga tidak terlalu tebal, namun jika disentuh dengan tangan akan terasa halus dan lembut. Biasanya kain ini dipakai untuk, baju bayi, boneka kain, dan lain-lain.

Kain-kain lainnya juga masih banyak seperti kain satin bridal yang digunakan untuk dress, bantal hias, label, jaket, bolero, dan bad runner. Lalu ada kain shantung yang digunakan untuk mukena, sarung pantai, daster, dan batik. Setelah itu ada kain silk satin untuk scarf, tirai transparan, gaun, pashmina, dan hijab.

Kain scuba juga digunakan untuk sarung bantal, rok, jaket, dan crop top. Terakhir kain spandek glossy yang dipakai untuk baju renang, rok, gaun, legging, dan terkadang untuk baju cosplay mau pun costum. Di atas hanya sebagian dari seluruh kain. Kain apa pun bisa digunakan untuk melakukan cetak kain.

Berbagai Metode Cetak Kain

Salah satu metode cetak kain adalah block printing. Metode tradisional ini masih digunakan biarpun sudah banyak mesin-mesin yang canggih. Kedua, screen printing yang biasa juga dikenal dengan sablon.

Ketiga, engaved roller printing. Metode biasanya dipakai saat ingin melakukan percetakan kain skala besar. Keempat, transfer printing. Metode ini cocok digunakan untuk kain jenis polyester dan sintetis. Kelima. Digital printing, stenciling, dan rotary screen printing, dan meotde yang lain-lain.

Dalam proses print kain, kain akan diberi warna dan corak-corak yang indah sesuai dengan permintaan klien. Kini, banyak penyedia jasa yang profesional dalam memberikan layanan cetak kain yang berkualitas. Jasa print kain Bekasi menjadi salah satu tempatnya. Banyak orang ingin melakukan cetak kain di produk yang mereka buat guna untuk mempercantik benda tersebut. Biasanya mereka akan mencetak selendang, hijab, kotak pensil kain, celana, kaos kaki, rok, baju, sapu tangan, dan lain-lain.