Categories
Uncategorized

Merawat Ayam Bangkok Siap Tarung

Halo semua,kali ini kita akan mempelajari tentang cara merawat ayam bangkok agar siap tarung. Penasaran kan? Yuk kepoin.

Ayam Bangkok

Ayam bangkok sangat populer dan banyak diminati di Indonesia. Seperti namanya, ayam ini berasal dari Bangkok, Thailand. Ayam ini merupakan salah satu ayam aduan yang berkualitas.

Ayam ini terkenal dengan khasiat bertarungnya bahkan ayam bangkok akan melawannya sampai mati demi kekuasaan. Hal inilah yang membuat ayam Bangkok banyak diminati untuk dipelihara.

Ayam ini terkenal dengan pukulannya yang mematikan dan gerakannya yang cepat. Bahkan Ayam Bangkok adalah ayam yang sangat pintar. Ayam ini terkenal tidak hanya di Bangkok tapi juga di China.

Hanya saja ayam bangkok ini lebih dikenal disana dengan sebutan Leung Hang Zhao. Ini sama dengan Indonesia dan Banhkok. Leung Hang Zhao selalu dibudidayakan sebagai ayam aduan.

Ayam bangkok yang tersebar di Indonesia berasal dari daerah Tuban, Jawa Timur. Di Indonesia, ayam ini sering dipasangkan dengan ayam kampung.

Jadi ada banyak sekali ayam campur yang memiliki karakteristik mirip dengan ayam bangkok. Berikut 10 cara merawat ayam bangkok jantan siap berkompetisi.

Cara Merawat Ayam Bangkok Siap Tarung

1. Pemilihan Bahan Pembibitan yang Berkualitas

Jika Anda ingin peternakan ayam sukses di Bangkok, Anda harus memilih ayam ras yang bagus dan berkualitas tinggi. Pastikan indukan jantan dan betina merupakan indukan yang berkualitas.

Biasanya penjualan ayam bangkok terbaik di pasaran adalah menyediakan ayam bangkok berkualitas tinggi.

Ciri-ciri ayam bangkok yang berkualitas adalah yang aktif, gesit, dan sehat. Pastikan indukan yang Anda beli bebas dari cacat atau penyakit. Karena kualitas benih sangat dipengaruhi oleh kualitas induk dan beberapa faktor lainnya.

2. Persiapan Kandang

Salah satu hal terpenting yang menentukan keberhasilan adalah menyiapkan kandang untuk ayam bangkok. Biasanya ada 3 jenis yang sering digunakan para pecinta ayam di Bangkok.

Penyusunan kandang ayam bangkok sedikit berbeda dengan kandang ayam pada umumnya. Berdasarkan penempatan atau letak kandang ayam di Bangkok.

Ukuran ayam bangkok sehingga tidak menimbulkan stress dan kelembaban kandang serta sistem peredaran darah di dalam kandang.

3. Posisi Kandang

Lokasi kandang ayam di Bangkok sangat disarankan dengan menjaga jarak minimal 5 meter ke posisi kandang ayam lainnya. Jika Anda memelihara ayam jenis lain.

Pastikan kandang ayam dekat dengan sumber air yang dapat diakses dan tidak terkontaminasi limbah.

Usahakan jika kontur tanahnya datar. Dan dikelilingi oleh beberapa pohon yang memberi keteduhan, pohon ini dapat membantu mengatur sirkulasi udara di sekitar kandang.

Serta membantu mengatur intensitas sinar matahari agar udara di dalam kandang tetap lembab.

4. Pastikan Saluran Air Lancar

Pastikan kandang ayam memiliki saluran pembuangan yang halus agar kandang tidak lembap. Pastikan saluran air tidak mampet agar saat hujan lingkungan tidak tergenang. Karena ini bisa menyulap kandang menjadi sarang nyamuk.

Pastikan lokasi kandang tertutup banyak rumput. Pasalnya, ayam bangkok termasuk salah satu hewan yang menyukai rumput dan menggunakan lumpur sebagai pengganti seratnya.

5. Arahkan kandang ke Arah Matahari

Pastikan kandang menghadap sinar matahari pagi. Juga, pastikan sangkar menghadap ke arah angin. Mencegah ayam terkena penyakit dari luar kandang.

Lebih bagus lagi jika lokasi kandang dipagari secara permanen. Anda bisa menggunakan semen dan batu bata. Jika Anda tidak memiliki anggaran yang cukup, Anda bisa menggunakan kawat biasa dan pagar bambu.

6. Keluarkan Ayam Dari Kandang

Dalam cuaca cerah, disarankan untuk mengeluarkan ayam dari rumah. Mengeringkan ayam di bawah terik matahari memiliki banyak keuntungan. Apalagi jika Anda mengeringkannya di pagi hari. Itulah fungsi pagar yang mengelilingi lokasi kandang ayam.

7. Siapkan Pakan Rutin

Perhatikan juga kualitas pakan yang Anda berikan. Ini sesuatu yang sangat penting, cara pengiriman pakan ayam umur 0-16 hari perlu menggunakan wadah yang dangkal agar mudah untuk dimakan.

Sedangkan cara memberi makan ayam umur 16 sampai 21 hari dengan memberikan pakan secara langsung. Yang harus Anda lakukan adalah menyebarkan makanan tepat di dasar kandang.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah ketersediaan air. Mengingat Bangkok Chicken merupakan ayam aduan yang membutuhkan banyak makanan dan minuman.

Tentunya bila ayam bangkok mati karena dehidrasi sangat berbahaya. Pada saat pembuatan pakan kalian bisa mengunakan mesin pembuat pakan ayam agar hasilnya maksimal.

Pastikan juga air yang Anda berikan tidak tercemar. Anda bisa mengikuti cara beternak itik di daerah dingin.

8. Perawatan Ayam

Saat ayam tumbuh dewasa dan tumbuh bulu-bulu dewasa. Artinya Anda harus memindahkan ayam bangkok ke kandang yang berbeda. Kemudian Anda bisa mulai merawat serum penggemukan.

Kandang perawatan khusus sangat disarankan memiliki kandang dengan tinggi kurang lebih 20 cm. Ketinggian kandang ini sangat sesuai dengan kondisi ayam dewasa.

9. Perhatikan Kandang yang Bersirkulasi

Untuk memastikan sirkulasi udara yang baik, Anda perlu menyiapkan ruang relaksasi dan halaman terbuka. Anda bisa memanfaatkan sekat ruangan dengan menggunakan sekat / pagar bambu serga kayu setinggi 50cm – 60cm.

Agar kandang tetap lembap, Anda bisa meletakkan jeruk nipis di bawah alasnya. Ini untuk mencegah ayam sakit dan juga mengurangi bau.

Cara lain dapat dilakukan dengan menggunakan formaldehyde yang anda semprotkan di lantai dengan kandungan formalin 5%.

10. Pastikan Kandang Bersih

Salah satu dari 10 cara merawat ayam bangkok yang kompetitif adalah dengan menjaga kebersihan kandang.

Kebersihan kandang ayam bangkok sangat penting jika anda menginginkan ayam bangkok yang berkualitas. Jadi bersihkan kandang ayam di Bangkok secara rutin.

Jika Anda tertarik dengan ayam Bangkok, Anda perlu membeli peralatan dan membuat beberapa kandang khusus. Untuk membantu menjaga suhu, Anda bisa memberikan penghangat yang bisa menjangkau setiap sudut kandang.

Pastikan kandang ayam di Bangkok berventilasi baik dan higienis. Ini akan menjaga kandang tetap bersirkulasi dan membuat ayam tidak terlalu rentan terhadap virus dan bakteri.

Demikian pembahasan kita tentang cara merawat ayam bangkok agar siap tarung,semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *