Categories
Kesehatan

Tips Mudah Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Tekanan Darah merupakan salah satu penyakit tidak menular yang disebabkan karena berbagai macam faktor. Baik faktor dari lauar maupun faktor dari dalam seperti faktor usia, keturuanan dan penyakit bawaan lainnya. Bagaimanapun, tekanan darah yang tidak normal perlu diwaspadai dan ditangani sedemikian rupa sehingga menjadi normal atau stabil dalam batas yang wajar. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi tips sederhana bagaimana cara menjaga agar tekanan darah tetap normal.

Tips Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

1. Kurangi Porsi Garam

Mungkin anda yang menderita tekanan darah tinggi cenderung suka dengan makanan dengan rasa asin yang kuat. Walaupun tidak selalu, namun faktanya adalah garam dapur dapat menaikan tekanan darah ketika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh sebab itu, coba mulai dari sekarang anda kurangi asupan garam dapur per hari maksimal 1 sendok teh per hari yang diperbolehkan.

2. Banyak Makan Buah Dan Sayur

Tips selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti dengan memperbanyak makan buah dan sayur. Ada banyak sayuran segar yang bisa anda konsumsi setiap harinya. Bahkan diantara sayuran ada juga yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi seperti mentimun, daun seledri dan lain sebagainya. Demikian juga dengan buah – buahan. Banyak sekali buah – buahan yang dapat anda konsumsi setiap hari dengan kandungan zat – zat yang baik dan bermanfaat untuk tubuh.

3. Biasakan Olahraga

Mengapa para orang tua kita dulu yang mereka bekerja sebagai petani sangat jarang memiliki penyakit seperti tekanan darah. Ya, tidak semua tapi berdasarkan pengamatan penulis di daerah sekitar tempat tinggal penulis, fakta ini benar adanya. Jawabnya jelas, karena mereka setiap hari melakukan aktifitas fisik, terkena panas matahari, dan mengeluarkan banyak keringat serta banyak meminum air putih. Itulah rahasia yang bisa kita curi dan kita coba terapkan dalam kehidupan kita. Cobalah untuk memulai aktifitas fisik dengan berjalan keliling kampung, santai, namun tetap konsisten.

4. Pantau Tekanan Darah Anda

Anda tidak perlu pergi ke dokter setiap hari untuk melakukan cek tekanan darah. Sekarang anda bisa gunakan tensimeter atau alat ukur tekanan darah sendiri di rumah. Anda hanya perlu ke toko alat kesehatan terdekat untuk membeli sebuah alat ukur tekanan darah yang murah. Anda bisa pilih tensi digital atau manual sesuai dengan keinginan anda. Kalau anda malas untuk keluar, anda juga bisa beli di toko alat kesehatan online seperti Fulki Hasya. Dengan memiliki alat ukur tekanan darah sendiri anda bisa lakukan cek tekanan darah setiap harinya. Lalu anda bisa kondisikan tubuh anda sehingga tekanan darah tetap normal.

5. Hindari Stress

Tips terakhir yang bisa kami bagikan pada kesempatan ini adalah manageman stress yang baik. Stress atau tekanan kerap kali membuat kesehatan menurun drastis. Demikian juga dengan tekanan darah. Anda bisa cek sendiri, apabila anda dalam kondisi stress, bagaimana kondisi tekanan darah anda. Tentunya dapat diprediksi akan meningkat. Oleh sebab itu, kendalikan stress merupakan kunci membuat tekanan darah tetap normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *