Categories
Uncategorized

Resep Pompom Kentang Ala Rumahan

Resep Pompom Kentang

Resep Pom-Pom Potato #JagoMasakMinggu5Periode2 dari Dyah | Yummy.co.id

Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang satu makanan atau camilan yang lezat yaitu Resep Pompom Kentang. makanan ini sangat diminati oleh berbagai macam usia seperti halnya anak-anak hingga orang tua karena banyak mengandung gizi untuk kesehatan karena berbahan dasar dari Kentang. simak penjelasan lengkap tentang cara pembuatan Pompom Kentang dan Resepnya dibawah ini ya.

Cara membuat Pompom Kentang dan bahan-bahan yang diperlukan :

Bahan-bahan :

  • Kentang – 1 kg
  • Tepung terigu – 4 sdm
  • Telur – 2 butir
  • Keju parut – 400 gram
  • Garam  – 1 sdt
  • Merica – 1 sdt
  • Bubuk bawang putih – 1 sdt
  • Tepung roti – 500 gram

Cara bikin pompom potatonya :

  1. Potong-potong kentang menjadi beberapa bagian. Selanjutnya tumbuk ketang dengan sendok hingga halus.
  2. Berikutnya masukkan wortel yang telah di cincang bersama susu dan keju parut. Aduk hingga rata.
  3. Bentuk adonan kue menjadi sesuai yang diinginkan.
  4. Setelah itu celup adonan pada satu wadah yang berisi kocokan telur.
  5. Selanjutnya guling-kan pada tepung dan masukkan ke freezer sampai 1 sampai 2 jam.
  6. Jika sudah, keluarkan dan goreng hingga matang atau warnanya menjadi kuning kecokelatan.
  7. Angkat dan tiriskan. Sajikan mumpung pom-pom potato masih hangat.

Manfaat Kentang Dan Bahaya Kentang Goreng

1. Manfaat Kentang Rebus untuk Hipertensi

Selain menjaga kolesterol dan kadar gula agar tetap stabil, kentang juga bisa menjauhkan kita dari penyakit hipertensi. kandungan natrium di dalam kentang mampu menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Kamu juga tidak usah khawatir dengan pembuluh darah yang menyempit ketika tekanan darah tinggi sedang kambuh. kalium di dalam kentang dapat mendorong vasodilatasi dan membantu melebarkan pembuluh darah, melancarkan alirannya keluar masuk jantung.

2. Khasiat Kentang untuk Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Mencegah memang lebih baik dari mengobati. sebelum penyakit datang, ada baiknya kita menjaga kesehatan tubuh dari ancaman virus dan bakteri jahat yang menjadi sumber penyakit. salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi kentang rebus.

Manfaat kentang rebus terbukti bisa mencegah beragam penyakit, termasuk kanker. asam folat yang terkandung di dalam kentang berfungsi sebagai tameng yang melindungi tubuh dari penyebab kanker, yaitu radikal bebas. quercetin dan vitamin C dalam kentang juga bekerja sebagai antioksidan yang membunuh sel-sel kanker sejak dini.

3. Kentang Bisa Mencegah Penyakit Celiac

Celiac adalah sebuah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh karena mengonsumsi terlalu banyak gluten. penyakit ini merusak lapisan usus halus dan memperburuk penyerapan nutrisi sehingga membuat tubuh kita kekurangan gizi. penderita penyakit celiac biasanya menunjukan gejala sakit perut, mual, dan muntah-muntah.

Semua ini bisa dicegah dengan mengonsumsi kentang rebus secara rutin. kentang tidak mengandung gluten yang tinggi sehingga aman untuk dimakan setiap hari tanpa mengakibatkan efek samping buruk. konsultasi langsung dengan ahli gizi mengenai jumlah kentang yang bisa dikonsumsi setiap harinya.

Bahaya Kentang Goreng

Segala bentuk olahan kentang, baik itu goreng, rebus, kukus, atau tumis, semuanya bermanfaat baik bagi tubuh. akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mengubah mengganti nasi dengan kentang dalam menu dietmu.

Kentang goreng tidak disarankan untuk dinikmati setiap hari karena mengandung minyak. kandungan nutrisi baik di dalam kentang goreng pun lebih sedikit dibanding kentang kukus atau rebus karena hilang terbawa minyak panas. minyak goreng yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan beragam komplikasi penyakit.

Berikut adalah bahaya kentang goreng menurut National Institutes of Health (NIH):

  • Meningkatkan risiko diabetes
  • Menyumbat pembuluh darah
  • Menyebabkan obesitas
  • Menimbun lemak pada area jantung
  • Menyebabkan tekanan darah tinggi
  • Memperburuk penglihatan sejak dini
  • Menimbulkan benjolan pada amandel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *