Categories
Teknologi

Perbedaan Light novel dan visual novel

Pertama-tama saya ingin mengucapkan maaf terlebih dahulu karena membuat judul yang terlalu monoton ini XD gomennasai~

Yah! Bagi kalian yang telah lama berkecimpung di dunia per-anime-an-dan-sebangsanya pasti sudah mengenal doong istilah-istilah seperti judul di atas. Tapi bagi yang belum tahu mari saya jelaskan pengertiannya dulu serta bebarapa kelebihan dan kekurangannya dibanding anime atau manga :

1) Light Novel (Novel ringan)

Sesuai namanya, Light novel adalah cerita yang disampaikan melalui tulisan (text), tetapi, bedanya dari novel biasa adalah di LN (light novel) biasanya ditambahi ilustrasi-ilustrasi gambar bergaya manga yang sedang terjadi dalam cerita. Tetapi tidak setiap halamannya berisi ilustrasi seperti manga.

Biasanya LN ini banyak diadaptasi menjadi manga ataupun anime. Di Indonesia, jarang sekali light novel dapat ditemukan, tetapi jangan khawatir bila ingin tetap membaca LN, bisa dibaca bakatsuki kok . Contoh dari light novel adalah Oreimo, Toradora! , Sword Art Online, Penguin Summer, dan masih banyak lagi.

* Kelebihan dari LN adalah :

Cerita yang disajikan lebih lengkap daripada anime (yang berjudul sama)
Pengembangan karakter di LN bisa lebih luas dari animenya
LN biasanya original story dari pengarangnya
* Kekurangan dari LN :

Orang yang berimajinasi rendah sulit membayangkan yang terjadi karena minimnya ilustrasi.
Biasanya ceritanya panjang hingga pembaca menjadi bosan.

2) Visual Novel (VN)

Visual novel merupakan cerita yang disajikan dalam bentuk visual seperti pada gambar diatas. Gambar yang disajikan bergaya anime dengan teks apa yang karakter tersebut bicarakan dibawahnya. Biasanya, dalam beberapa kesempatan kita disuruh memilih apa yang harus kita lakukan selanjutnya sebagai penentu ending dari VN tersebut seperti gambar dibawah ini.

Tapi, ada juga VN yang hanya bacaan saja alias kita tidak disuruh memilih, namanya dalah kinetik novel. Selain kinetik novel, VN juga terdiri dari beberapa macam seperti galge/dating sims (VN yang melatih untuk berkencan), Eroge (semacam hentai VN), otome game (khusus untuk wanita), dll.

Sekarang ini, banyak VN yang bisa dimainkan lewat gadget seperti iOs, android, dan PC. Saya sendiri cukup sering memainkan VN di android saya ketika sedang tidak ada kerjaan 😀 Contoh VN adalah : Clannad, Little buster, starry sky, walking moons, reaching out, atau untuk more detail nya disini ” Ryuublogger Visual Novel Free Download ” 

* Kelebihan VN :

Bisa memilih ending cerita dari VN sesuka kita.
Beberapa VN menggunakan seiyuu sehingga membuat kita lebih tertarik.
Terasa ikut “masuk” ke dalam cerita VN.
* Kekurangan VN :

Ketika salah memilih malah membuat jadi bad ending dan tidak sesuai original story
Saat ini jarang sekali (atau bahkan hampir tidak ada) yang menggunakan bahasa Indonesia tidak seperti anime yang sudah banyak menggunakan bahasa Indonesia
Hanya melihat cerita atau karakter lain dari sudut pandang itu itu saja sehingga sulit melihat pengembangan karakter lain.

Categories
Teknologi

Pengaruh Teknologi Untuk Pelajar

Tahukah anda di samping membawa manfaat yang besar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga mempunyai pengaruh buruk yang besar juga pada perkembangan generasi anak bangsa. Nah, bagaimana pengaruh teknologi untuk pelajar.

Simak tulisan berikut

Saat ini perangkat yang sangat mempengaruhi anak pelajar Indonesia antara lain :

  • Komputer
  • Handphone
  • MP4 player
  • Game Console
  • Media tontonan seperti Televisi dan Film

Namun kali ini anda akan membicarakan salah satu diantaranya yakni pengaruh buruk teknologi komputer. Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari perangkat ini pasti saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila anak-anak tidak diperhatikan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya dapat jadi negatif.

Di era canggih ini, di mana saat ini dunia ini seakan tidak luas sebab begitu canggihnya teknologi pada abad ini. Kecanggihan teknologi ini tidak lepas dari penemuan penemuan terbaru yang di lakukan para ilmuwan. Di indonesia sendiri peradaban teknologi ini di mulai pada masa orba yang anda kenal industrialisasi orba.

Kecanggihan teknologi ketika ini sudah merangkul seluruh aspek kehidupan di dunia ini, ada yang berguna dalam hal positif ada juga berguna untuk hal negatif, tidak terkecuali aspek pendidikan tidak luput dari kecanggihan teknologi saat ini.

Di kalangan pelajar sebetulnya hal ini bisa dimanfaatkan sangat baik namun kadang malah menjadi sesuatu yang negatif, contoh saat ulangan saja, saat guru menyuruh supaya tidak mencontek di buku memang tidak mencontek lewat buku tapi mereka mencontek lewat internet memakai perangkat elektronik, untuk hal positifnya barangkali mempermudah dan mempercepat kegiatan siswa. Semua itu tergantung murid masing-masing, pentingnya peran keluarga khususnya orang tua dalam hal ini.

Selain itu juga efek dari peradaban ini adalah maraknya perzinaan sebab dengan mudahnya anda mengakses hal-hal yang menciptakan siswa menjadi termotivasi untuk mengerjakan hal yang sama, atau bisa juga di jadikan penipuan dalam format apapun itu. Seorang murid atau pelajar sudah sewajarnya memahami apa sebetulnya yang harus dia kerjakan untuk memanfaatkan peradaban ini.

Dampak Positif Teknologi Untuk Pelajar

  1. Kemudahan Dalam Belajar
    Manfaat utama teknologi untuk pelajar adalah kemudahan untuk anak yang ingin belajar. Dikarenakan pelajar dapat melacak pelajaran dimanapun dia ada dengan internet. Terlebih kini dimudahkan dengan adanya smartphone yang sudah bisa didapatkan dengan harga murah seperti halnya HP Mito.
  2. Mempunyai Daya Kreatifitas Tinggi
    Teknologi memiliki peranan juga didalam pengembangan daya kreatifitas pelajar. Karena kini ini sudah banyak software layaknya photoshop, coreldraw, game, website (blog), serta lain sebagainya yang bisa meningkatkan kreatifitas maupun kepintaran seorang pelajar.

Dampak Negatif Teknologi Untuk Pelajar

  1. Sangat Rentan Dengan Kejahatan
    Kerugian utama yang didapatkan bila pelajar menyalahgunakan teknologi yakni terjurumus dengan kejahatan. Entah itu kejahatan seksual, kriminal, narkoba, atau yang lain. Dikarenakan sangat mudah sekali untuk mengakses situs-situs yang berlawanan dengan agama maupun etika.
  2. Menghabiskan Uang untuk Hal Yang Tidak Penting
    Hal ini sering sekali terjadi pada pelajar yang kecanduan dengan Game online karena game online yaitu salah satu teknologi yang bisa merugikan. Terkadang kamu diharuskan untuk beli suatu hal untuk melanjutkan ke misi sesudah itu. Hingga kamu selalu mengeluarkan uang, karena kamu kecanduan itu.

Pihak yang sudah tergabung dalam jaringan ini akan mempunyai alamat tersendiri ( seperti nomor telepon ) yang bisa dihubungi melalui jaringan internet. Provider berikut yang menjadi server untuk pihak-pihak yang mempunyai personal komputer ( PC ) untuk menjadi pelanggan atau pun untuk mengakses internet. Berikut diatas tidak banyak ulasan mengenai dampak internet untuk kalangan pelajar.

Semestinya internet dipakai untuk kepentingan yang positif. Himbauan bagi kamu seorang pelajar, gunakanlah layanan internet sebaik mungkin supaya wawasan serta kreativitas kamu dapat terus berkembang. Jangan memakai internet untuk membuka website berkonten dewasa juga melanggar norma atau aturan yang ada dilingkungan kita. Semoga internet bisa menjadikan kamu seorang pelajar yang mempunyai wawasan positif, bukan seorang pelajar yang malah semakin bobrok moralnya.

Kecanduan bermain komputer ditengarai merangsang anak menjadi malas menulis, menggambar atau juga melakukan kegiatan sosial. Kecanduan bermain komputer dapat terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer. Pengaturan waktu ini perlu dilakukan supaya anak tidak beranggapan bahwa bermain komputer adalah satu-satunya pekerjaan yang menarik untuk anak.

Pengaturan ini perlu diperhatikan secara ketat oleh orangtua, paling tidak hingga anak berusia 12 tahun. Pada umur yang lebih besar, diharapkan anak sudah bisa lebih mengatur waktu dengan baik.

Hal penting yang harus diperhatikankan

  • Menimbang untung ruginya memperkenalkan komputer pada anak, pada akhirnya memang amat tergantung pada kesiapan orangtua dalam memperkenalkan dan memantau anak saat bermain komputer.
  • Selain itu juga pihak sekolah harus ikut andil dalam memberikan pengarahan terbaik supaya siswa/siswi bisa mempergunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi ke arah yang positif.
  • Pemerintah sebagai pengendali seluruh sistem penyedia Informasi mestinya lebih aktif dalam mengontrol pemakaian Teknologi Informasi dan Komunikasi guna Generasi Anak Bangsa.
  • Sadar atau terbius Teknologi Informasi dan Komunikasi telah membawa perubahan besar terhadap Generasi Penerus Bangsa, hanya tinggal anda yang bisa atau tidak membawa perubahan itu ke arah yang positif atau negatif.

Demikianlah deskripsi tentang pengaruh teknologi untuk pelajar. Tak ada salahnya ikut dan mengupayakan seluruh teknologi yang ada, sejauh memahami benar yang diperlukan atau yang memang dibutuhkan untuk kehidupan kita. Dan jika memiliki akibat negatif maka urungkan niat Anda untuk itu. Semoga bermanfaat.